Tips Ampuh Untuk Segera Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Minat

Setiap tahun jumlah lulusan SMK dan perguruan tinggi semakin meningkat. Pertumbuhan kuantitas lapangan kerja yang sangat kecil belum mampu menyerap mereka semua. Akibatnya, persaingan di dunia karir makin sulit.

Perusahaan juga semakin hati-hati dalam merekrut karyawan baru. Pasalnya, dari jutaan tamatan juga tak semuanya memiliki kompetensi yang mumpuni. Tidak seluruhnya mampu turun di lapangan yang cenderung aplikatif.

Perusahaan lebih suka untuk mengambil pelamar yang telah berpengalaman kerja sebelumnya. Akibatnya fresh graduate semakin susah untuk meraih jabatan di dunia kerja.
Bila ada lulusan baru rata-rata kurang memiliki power untuk menyampaikan apa yang ia miliki ke perusahaan. Entah karena sedikitnya kemampuan atau minimnya kecakapan menegosiasikan diri ke perusahaan.

Nah, berikut ini tips dari kami supaya Anda bisa secepatnya diterima di perusahaan.

Bersikap Terbuka dan Fungsikan Rekan-rekan yang Ada

Semestinya Anda jujur kepada semua teman bahwa Anda masih menganggur. Sikap gentle seperti itu akan memancing kepedulian orang-orang di sekitarmu, untuk menghentikan aktivitas sejenak untuk memberitahukan untukmu bila mereka mendengar informasi lowongan bagus.

Semakin sering bercerita ke orang maka makin berlimpah Anda akan dapat info pekerjaan istimewa dan sedikit kompetitor. Meski mungkin ada orang-orang tertentu yang tidak perlu Anda ceritakan masalahmu, yaitu orang-orang yang iri padamu.

Jemput Peluang

Bila telah letih memfungsikan kabar loker, sebaiknya Anda mencoba cara lain, yakni jemput bola. Artinya ialah Anda menghampiri pemilik proyek langsung, lalu menawarkan diri untuk mengerjakannya.

Jangan takut, karena orang-orang sukses juga pernah melakukannya. Seperti sewaktu awal pertama Ciputra memulai karirnya bareng pasangan. Mereka mendatangi pimpinan Jakarta ketika itu pada tahun 1972, lalu memperkenalkan diri sebagai tamatan ITB.

Selanjutnya mereka menawarkan diri untuk mengatasi salah satu persoalan di DKI Jakarta. Seiring berjalannya waktu mereka mencapai kesuksesannya. Selanjutnya kita kenal mereka dengan MIDAS, yang mengubah kawasan penuh sampah menjadi bernilai emas, seperti Ancol. Kalau ber- nyali, Anda boleh meniru langkah mereka.

Pasang Informasi Diri Anda di Grup Kerja Media Sosial

Kini jamannya sudah bertambah modern. Tak harus pihak penyedia lapangan kerja yang membuat informasi lowongan kerja. Anda sebagai calon karyawan juga dapat membuat pengumuman di grup-grup Whatsap, bahwa Anda sedang memerlukan loker. Agar mereka yang membutuhkan karyawan melamar Anda.

Perbaiki Kualitas Berkas Lamaran Karja

Bila telah berikhtiyar mengirim lamaran kerja tapi tak kungjung memperoleh panggilan, sepantasnya Anda manfaatkan waktu luang yang ada untuk membenahi surat lamaran kerja. Cari contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar dengan layout yang menarik.
Barang kali selama ini surat lamaran kerjamu kerap ditolak karena ada kecacatan di dalamnya, atau kurang bagus. Ajak temanmu yang pandai Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan mahir untuk mencermati dokumen lamaran dan daftar riwayat Anda.

Kuasai Tehnik Wawancara

Sesudah surat lamaran pekerjaan Anda perbaiki tentu akan secepatnya ada undangan wawancara. Untuk itu Anda harus mencermati tehnik menjawab pertanyaan agar tak salah menjawab. Wawancara merupakan tahap yang tersulit dan juga paling menentukan pada proses rekrutmen tenaga kerja baru. Bila tidak tepat dalam menjawab pertanyaan bisa membuat pewawancara sontak ilfil kemudian menghilangkan nama Anda sebagai kandidat tenaga kerja baru.

Anjuran saya Anda menonton video-video di cannel youtube Teddy Diego. Beliau mengulas secara komprehensif dan gamblang tentang tips wawancara kerja.

Jangan Ada Waktu Kosong

Di sela-sela waktu ngganggur Anda mencari pekerjaan usahakan tidak sampai menganggur. Gunakan untuk belajar, bekerja sambilan atau part-time. Banyak kerugian jika Anda banyak menganggur. Contohnya misalnya spirit Anda akan turun. Butuh waktu lagi untuk memulihkan semangatmu.

Yang kedua, bila terlalu lama menganggur akan menyebabkan Curriculum Vitae Lamaran kerja Anda jadi jelek. Kenapa? Sebab HRD biasanya pengen tau sekali dengan riwayat pekerjaan Anda. Jika terdapat waktu yang cukup lama Anda tidak bekerja, bisa jadi mereka akan menduga bahwa Anda sudah melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan selama berbulan-bulan dan tidak ada satupun yang mau menerima. Itu akan menurunkan reputasi Anda.

Leave a Comment